Pages

Foto

Simple, Free Image and File Hosting at MediaFire

Post

Selasa, 08 Januari 2013

Proposal Kegiatan Penanaman APTK LARON


Proposal




PROPOSAL KEGIATAN

Nama Kegiatan

Kegiatan ini bernama “APTK Laron  Beraksi Cinta Lingkungan Sebagai Wujud Darma Ke-2 dan Memperingati Hari Kasih Sayang (Valentine Day)”


Latar Belakang

Berawal dari merintis Ambalan Penegak Taruna Kriya yang memiliki tujuan luhur untuk mengumpulkan generasi muda, khususnya para alumni SMPN 3 Bebandem agar selalu aktif bergerak dibidang kepramukaan. Selain alumni SMPN 3 Bebandem golongan penegak dan pandega, kita pula mengajak alumni SMP di luar lingkungan SMPN 3 Bebandem bahkan luar kecamatan. Sejak pendirian hingga sampai saat ini, banyak hal yang kami kerjakan bersama-sama yang selalu berpedoman kepada Tri Satya dan Dasa Darma Pramuka.
Program yang kami jalankan bergerak di bidang Ketuhanan, Kemanusiaan, Pengabdian kepada Masyarakat dan Lingkungan. Bahkan ikut serta membantu pembina di tingkat siaga, penggalang atau penegak dalam latihan kepramukaan maupun persiapan  event kepramukaan. Contoh kegiatan yang pernah kami lakukan ialah Pelatihan Anggota dengan berkemah, Bakti Soaial Bersih Pantai, Bersih Desa, Perlombaan tinggkat Penggalang dan Siaga, Rekreasi serta kegiatan lainnya.
Awal pendirian kami membuat gagasan untuk melakukan kegiatan bakti sosial dengan merencanakan pengecatan Tugu Pahlawan Tanah Aron yaitu Perjuangan         I Gusti Ngurang Rai  melawan penjajahan Belanda. Untuk mengimplementasikan dari tujuan kegiatan pramuka, maka dilakukan tindakan nyata yang ditunjukan kepada masyarakat. Setiap butir Dasa Darma patut dilaksanakan. Kegiatan kali ini akan mengimplementasikan Dasa Darma yang berbunyi Cinta Alam dan Kasih Sayang Sesama Manusia. Kegiatan ini pun akan disingkrunkan dengan Hari Kasih Sayang. Banyak keunggulan pemilihan tempat ini untuk kegitan ini karena terletak sangat strategis, jika digunakan untuk wisata pegunungan. Serta tempatnya di dataran tinggi dan terletak lereng gunung.
Suhu semakin naik dan lingkungan hidup kian waktu mengalami ancaman dan kerusakan setiap saat. Kerusakan  yang disebabkan oleh pola hidup yang tidak ramah lingkungan dari manusia merupakan pemicu yang diyakini turut andil serta terjadinya kerusakan lingkungan hidup. Sebagai akibatnya, keseimbangan ekosistem menjadi terganggu. Meskipun begitu, belum cukup menjadi pelajaran bagi kita agar dapat menumbuhkan sikap kepedulian terhadap lingkungan disekitar tempat kita tinggal.
Atas dasar kepedulian untuk membangun karakter masyarakat dan generasi muda yang sadar lingkungan, Ambalan Penegak Taruna Kria Laskar Tanah Aron  turut peduli dan mengambil bagian untuk peduli bagi kelangsungan lingkungan disekitar Tugu Pahlawan Tanah Aron, dengan membantu menghijaukan kawasan tersebut yang terletak di desa Bhuana Giri, Kecamatan Bebandem, Kabupaten Karangasem.
Dengan harapan, dengan terciptanya lingkungan yang lestari, hijau dan bersih terciptanya satu peradaban masyarkat yang sehat, terciptanya keseimbangan ekosistem lingkungan dan turut serta dalam mengurangi dampak pemanasan global. Kegiatan ini juga akan melibatkan semua elemen masyarakat di sekiar Tugu Pahlawan untuk berpartisipasi aktif dalam kegiatan penghijauan ini, sekaligus juga menjaga dan merawat pepohonan yang ditanam hingga tumbuh besar.
Melihat situasi tersebut sehingga kami mempunyai inisiatif bahwa penting sekali untuk mengadakan penghijaun di sekitar Tugu Pahlawan Tanah Aron. Selain hal tersebut, di bawah tugu pahlawan terdapat pabrik Aspal yang mengeluarkan asap mengandung kadar CO2 tinggi. Guna menetralkan udara tersebut, maka diperlukan tanaman untuk menyerapnya. Alasan lain pula untuk mencegah terjadinya longsor, karena sekitar daerah ini ada hutan negara yang belum tertanami pohon.
Tidak kalah pentingnya lagi dengan sebab daerah hulu seperti halnnya di Desa Bhuana Giri, ditemukannya sumber mata air. Untuk menjaga debit air tersebut, haruslah tanaman sekitarnya harus dipelihara dengan baik bahkan ditambah populasi tanamannya. Secara umum kegiatan ini akan mengurangi dampak pemanasan global. Selain itu kami juga mendukung program pemerintah daerah dan pusat dengan program Bali Clean and Green serta Gerakan menanam pohon 1 miliyar pohon. Makadari itu, kami mengadakan kegiatan yang bernama  “APTK Laron  Beraksi Cinta Lingkungan Sebagai Wujud Darma Ke-2 dan Memperingati Hari Kasih Sayang (Valentine Day)”.


Dasa Penyelenggaraan

  1. Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 238 Tahun 1961 tentang Gerakan Pramuka.
  2. Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 34 Tahun 1999 tentang Anggaran Dasar Gerakan Pramuka.
  3. Keputusan Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Nomor 107 Tahun 1999 tentang Anggaran Rumah Tangga Gerakan Pramuka.
  4. Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 104 Tahun 2004 tentang Pengesahan Anggaran Dasar Gerakan Pramuka.
  5. Keputusan Kwartir Nasional Gerkan Pramuka Nomor 086 Tahun 2005 tentang Angaran Rumah Tangga Gerakan Pramuka
  6. Artikel dalam http://id.wikipedia.org/wiki/Pemanasan_Global  yang menyatakan bahwa salah satu cara mengurangi efek pemanasan global adalah dengan carbon sequestration (menghilangkan karbon) yaitu dengan menanam lebih banyak pohon
  7. Keadaan Lingkungan hutan gundul dekat dengan tugu pahlawan perjuangan melawan penjajah Belanda serta daerah sumber mata air.
  8. Hasil Rapat Anggota Ambalan Penegak Taruna Kriya pada Hari Sabtu, 22 Desember 2012 




Untuk Lebih Lengkap silahkan unduh dan baca


0 komentar:

Posting Komentar