Pages

Foto

Simple, Free Image and File Hosting at MediaFire

Post

Kamis, 03 Januari 2013

Program Kegiatan

Logo APTK

GERAKAN PRAMUKA
GUGUS DEPAN SMPN 3 BEBANDEM
AMBALAN PENEGAK TARUNA KRIYA LASKAR TANAH ARON
Jalan Tanah Aron, Dusun Butus, Desa Bhuana Giri, Kec. Bebandem-Karangasem

 BAB I
PENDAHULUAN

       I.            NAMA KEGIATAN
Kegiatan ini bernama “ Gerakan APTK Laron Cinta Lingkungan dan disingkrunkan dengan Hari Kasih Sayang”

    II.            LATAR BELAKANG
Berawal dari merintis Ambalan Penegak Taruna Kriya yang memiliki tujuan luhur untuk mengumpulkan generasi muda, khususnya para alumni SMPN 3 Bebandem agar selalu aktif bergerak dibidang kepramukaan. Selain alumni SMPN 3 Bebandem golongan penegak dan pandega, kita pula mengajak alumni SMP di luar lingkungan SMPN 3 Bebandem bahkan luar kecamatan. Sejak pendirian hngga sampai saat ini, banyak hal yang kami kerjakan bersama-sama yang selalu berpedoman kepada Tri Satya dan Dasa Darma Pramuka.
Program yang kami jalankan bergerak di bidang Ketuhanan, Kemanusiaan, Pegabdian kepada Masyarakat dan Lingkungan. Bahkan ikut serta membantu pembina di tingkat siaga, penggalang atau penegak dalam latihan kepramukaan maupun persiapan event kepramukaan. Contoh kegiatan yang pernah kami lakukan ialah Pelatihan Anggota dengan berkemah, Bakti Soaial Bersih Pantai, Bersih Desa, Perlombaan tinggkat Penggalang dan Siaga, Rekreasi serta kegiatan laiannya.
Awal pendirian kami membuat gagasan untuk melakukan kegiatan bakti sosial dengan merencanakan pengecatan Tugu Pahlawan Tanah Aron yaitu Perjuangan I Gusti Ngurang Rai  melawan penjajahan Belanda. Untuk mengimplementasikan dari tujuan kegiatan pramuka, maka dilakukan tindakan nyata yang ditunjukan kepda masyarakat. Setiap butir Dasa Darma patut dilaksanakan. Kegiatan kali ini akan mengimplementasikan Dasa Darma yang bernyi Cinta Alam dan Kasih Sayang Kepada Manusia. Kegiatan ini pun akan disingkrunkan dengan Hari Kasih Sayang. Banyak keunggulan pemilihan tempat ini untuk kegitan ini karena terletak sangat strategis, jika digunakan untuk wisata pegunungan. Serta tempatnya di dataran tinggi dan terletak lereng gunung.
Suhu semakin naik dan lingkungan hidup kian waktu mengalami ancaman dan kerusakan setiap saat. Kerusakan yang disebabkan oleh pola hidup yang tidak ramah lingkungan dari manusia merupakan pemicu yang diyakini turut andil serta terjadinya kerusakan lingkungan hidup. Sebagai akibatnya, keseimbangan ekosistem menjadi terganggu. Meskipun begitu, belum cukup menjadi pelajaran bagi kita agar dapat menumbuhkan sikap kepedulian terhadap lingkungan disekitar tempat kita tinggal.
Atas dasar kepedulian untuk membangun karakter masyarakat dan generasi muda yang sadar lingkungan, Ambalan Penegak Taruna Kria Laskar Tanah Aron  turut peduli dan mengambil bagian untuk peduli bagi kelangsungan lingkungan disekitar Tugu Pajlawan Tanah Aron, dengan membantu menghijaukan kawasan tersebut yang terletak di desa Bhuana Giri, Kecamatan Bebandem, kabupaten Karangasem.
Dengan harapan, dengan terciptanya lingkungan yang lestari, hijau dan bersih terciptanya satu peradaban masyarkat yang sehat, terciptanya keseimbangan ekosistem lingkungan dan turut serta dalam mengurangi dampak pemanasan global. Kegiatan ini juga akan melibatkan semua elemen masyarakat di sekiar Tugu Pahlawan untuk berpartisipasi aktif dalam kegiatan penghijauan ini, sekaligus juga menjaga dan merawat pepohonan yang ditanam hingga tumbuh besar.
Melihat situasi tersebut sehingga kami mempunyai penting sekali untuk mengadakan penghijaun di sekitar Tugu Pahlawan Tanah Aron. Selain hal tersebut, di bawah tugu pahlawan terdapat pabrik Aspal yang mengeluarkan asap mengandung kadar CO2 tinggi. Guna menetralkan udara tersebut, maka diperlukan tanaman untuk menyerapnya. Alasan lain pula untuk mencegah terjadinya longsor, karena sekitar daerah ini ada hutan negara yang belum tertanami pohon.
Tidak kalah pentingnya lagi dengan sebab daerah hulu seperti halnnya di Desa Bhuana Giri, ditemukannya sumber mata. Untuk menjaga debit air tersebut, haruslah tanaman sekitarnya harus dipelihara dengan baik bahkan ditambah populasi tanamannya. Secara umum kegiatan ini akan mengurangi dampak pemanasan global. Selain itu kami juga mendukung program pemerintah daerah dan pusat dengan program Bali Clean and green serta Gerakan menanam pohon 1 miliyar pohon. Makadari itu, kami mengadakan kegiatan yang bernama “Gerakan APTK Laron Cinta Lingkungan dan disingkrunkan dengan Hari Kasih Sayang “.

 III.            DASAR PENYELENGGARAN
1.      Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 238 Tahun 1961 tentang Gerakan Pramuka.
2.      Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 34 Tahun 1999 tentang Anggaran Dasar Gerakan Pramuka.
3.      Keputusan Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Nomor 107 Tahun 1999 tentang Anggaran Rumah Tangga Gerakan Pramuka.
4.      Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 104 Tahun 2004 tentang Pengesahan Anggaran Dasar Gerakan Pramuka.
5.      Keputusan Kwartir Nasional Gerkan Pramuka Nomor 086 Tahun 2005 tentang Angaran Rumah Tangga Gerakan Pramuka
6.      Artikel dalam http://id.wikipedia.org/wiki/Pemanasan_Global  yang menyatakan bahwa salah satu cara mengurangi efek pemanasan global adalah dengan carbon sequestration (menghilangkan karbon) yaitu dengan menanam lebih banyak pohon
7.      Keadaan Lingkungan hutan gundul dekat dengan tugu pahlawan perjuangan melawan penjajah Belanda serta daerah sumber mata air.
8.      Hasil Rapat Anggoa Ambalan Penegak Taruna Kriya pada Hari Sabtu 22 Desember 2012

 IV.            TEMA KEGIATAN
Tema kegiatan ini ialah “ Melangkah Bersama dengan Pramuka Kita Bentuk Tunas Bangsa Berjiwa Cinta Lingkungan, Sehat, Bersih dan Toleransi”.

    V.            MOTTO KEGIATAN
Motto kegiatan ini adalah “ Satya Ku Darmakan, Darma Ku Baktikan”

 VI.            MAKSUD, TUJUAN DAN SASARAN KEGIATAN
1.      MAKSUD
Maksud Penyelenggaraan Gerakan APTK Laron Cinta Lingkungan dan disingkrunkan dengan Hari Kasih Sayang adalah sebagai berikut :
a.       Sebagai wadah untuk mengabdikan diri kepada pemerintah dengan ikut serta menyukseskan program pemerintah penanaman 1 miliyar pohon.
b.      Sebagai wadah untuk mengabdikan diri kepada masyarakat dengan membantu mencari bibit tanaman untuk di tanam di tanahnnya masing-masing.
c.       Sebagai wadah sikap kepedulian kita kepada lingkungan agar kembali menjadi hijau, setalah beberapa pohon di tebang, bahkan mengurangi Pemanasan Global.
d.      Memberikan kegiatan yang positif kepada generasi muda agar lebih mencintai lingkungannya, khususnya nanti agar diselenggarakan di dekat Tugu Pahlawan.
e.       Memperkenalkan keberadaan Tugu Pahlawan yang telah direnovasi dan kegiatan positif Kepramukaan kepada masyarakat.
f.       Mengajak masyarakat agar lebih mencintai lingkungannya dengan tidak menebang pohn secara sembarangan.
2.      TUJUAN
Tujuan Peyelenggaraan Gerakan APTK Laron Cinta Lingkungan dan disingkrunkan dengan Hari Kasih Sayang adalah sebagai berikut :
a.       Untuk memenuhi program  kerja pengurus Ambalan Penegak Taruna Kriya periode 2012/2013.
b.      Untuk mengenang jasa para pahlawan dengan mempertahankan lingkungan sekitarnya agar tetap indah dan hijau.
c.       Untuk memperingati Hari Kasih Sayang
d.      Membentuk manusia berkepribadian, berwatak dan berbudi pekerti luhur yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, kuat mental, emosional, tinggi moral, tinggi kecerdasan, mutu ketrampilannya, tangguh serta sehat rohani dan jasmaninya .
e.       Membentuh manusia yang lebih mencintai lingkunggannya serta mengajak yang lainnya untuk turut serta menjaga lingkungan sekirtarnya.
f.       Menumbuhkan sikap toleransi kepada lingkungan maupun sesama.
g.      Menumbuhkan sikap hidup sehat dan bersih
h.      Menjadi warga negara Republik Indonesia yang berjiwa Pancasila, setia dan patuh kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia serta menjadi warga masyarakat yang baik dan berguna, yang dapat membangun jati dirinya sendiri secara mandiri serta bersama-sama bertanggung jawab atas pembangunan bangsa dan negara, memiliki kepedulian terhadap sesama hidup dan alam lingkungan.

3.      SASARAN
Sasaran Gerakan APTK Laron Cinta Lingkungan dan disingkrunkan dengan Hari Kasih Sayang adalah sebagai berikut :
a.       Memperrat persatuan dan kesatuan.
b.      Meningkatkan cinta kepada lingkungan.
c.       Meningkatkan cinta tanah air.
d.      Menghargai perjuangan para pahlawan.
e.       Mingkatkan rasa toleransi.
f.       Meningkatkan kepedulian terhadap pentingnya pohon.
g.      Meningkatkan pentingnya hidup sehat dan bersih.

VII.            WAKTU KEGIATAN
Kegiatan Gerakan APTK Laron Cinta Lingkungan dan disingkrunkan dengan Hari Kasih Sayang akan dilaksanakan Hari Minggu, 10 Februari 2013.

VIII.            TEMPAT KEGIATAN
Tempat kegiatan ini akan dilkansakan beberapa tempat daerah hulu dan tanah milik masyarakat Desa Bhuana Giri, Kecamatan Bebandem. Tetapi keanakagiatan utamanya akan dilaksanakan di sekitar Tugu Pahlawan Tanah Aron. Untuk denah penanaman akan dilampirkan.

 IX.            PESERTA KEGIATAN
Pasukan penggalang akan melibatkan beberapa ranting di cabang karangasem yaitu Ranting Bebandem, Abang dan Amlapura. Sedangkan Ambalan Penegak akan melibatkan seluruh gugus depan yang ada di Cabang Karangasem. Untuk penjelasan syarat setiap gugus depan yang lebih terperinci adalah sebagai berikut :
1.      Pasukan Peggalang
a.       Tiap sekolah megirimkan 5 orang putra dan 5 orang putri terbaiknya.
b.      Tiap Sekolah wajib didampingi oleh Pembina Putra/Putri.

2.      Ambalan Penegak
a.       Tiap sekolah megirimkan 3 orang putra dan 3 orang putri terbaiknya.
b.      Tiap Sekolah wajib didampingi oleh Pembina Putra/Putri.

    X.            PENYELENGGARA KEGIATAN
Kegiatan Gerakan APTK Laron Cinta Lingkungan dan disingkrunkan dengan Hari Kasih Sayang dibentuk Sangga Kerja yang beranggotakan Pramuka Ambalan Penegak Taruna Kriya, Saka Bhayangkara Cabang Karangasem, Saka Wira Kartika Cabang Karangasem, Pandega serta yang terkait.
 XI.            KEGIATAN
Bentuk Kegiatan Kegiatan Gerakan APTK Laron Cinta Lingkungan dan disingkrunkan dengan Hari Kasih Sayang adalah Melakukan  Penanaman Pohon dan Mendengarkan Penjelasan Singkat Keberadaan Tugu Pahlawan Tanah Aron.


XII.            PENDANAAN
Dalam melaksanakan kegiatan Kegiatan Gerakan APTK Laron Cinta Lingkungan dan disingkrunkan dengan Hari Kasih Sayang adapun anggaran dana yang diperlukan adalah sebagai berikut :
1.      Administrasi                                                          Rp.    600.000
2.      Spanduk                                                                Rp.    700.000
3.      Banten                                                                   Rp.    300.000
4.      Tranpsortasi                                                           Rp.    800.000
5.      Baju Sangga Kerja                                                Rp. 5.000.000
6.      Dokumentasi                                                         Rp. 1.000.000
7.      Perlengkapan                                                         Rp. 1.200.000
8.      Konsumsi                                                              Rp. 3.000.000
9.      Kesehatan                                                             Rp.    500.000
10.  Doorprise                                                              Rp. 1.000.000
                                    Jumlah Kebutuhan Angaran                    Rp. 14.100.000

XIII.            SISTEM  KEGIATAN
Sistem kegiatan di atur sebagai berikut :
a.       Pengumpulan dan pembagian tugas akan di bagikan di Lapangan Tugu Pahlawan Tanah Aron.
b.      Kegiatan dilaksankan di Hutan Negara sekitar Tugu Pahlawan Tanaha Aron sesuai dengan kebutuhan dan jenis kegiatan dan telah dikoordinasikan oleh sangga kerja.
c.       Kegiatan diatur sesi dengan kebutuhan jadwal kegiatan yang dibagikan kepada peserta.
d.      Dalam melakukan kegiatan, peserta wajib mengikuti kegiatan yag disajikan serta menaati tata cara mengikuti kegiatan yang telah ditetapkan oleh sangga kerja.

XIV.            TATA CARA MENGIKUTI KEGIATAN
Mekanisme kegiatan Gerakan APTK Laron Cinta Lingkungan dan disingkrunkan dengan Hari Kasih Sayang berdasarkan petunjuk teknis yang telah diberikan kepada peserta dan menggunakan kartu kegiatan peroranganyang dipenuhi oleh untuk mendapatkan kenangan dari Sangga Kerja.

XV.            PENUTUP
Demikian proposal kegiatan Gerakan APTK Laron Cinta Lingkungan dan disingkrunkan dengan Hari Kasih Sayang ini dibuat sebagai pedoman pelaksanaan kegiatan.

0 komentar:

Posting Komentar